Cara Membedakan Sepatu Original dan KW, Biar Gak Ketipu

Cara Membedakan Sepatu Original

Cara Membedakan Sepatu Original – Memiliki sepatu bermerek sudah menjadi gengsi tersendiri sekarang ini. Tapi tidak semua mampu untuk mendapatkan sepatu bermerek terlebih yang memiliki harga selangit. Membeli sepatu asli bukanlah perkara yang mudah. Sekarang sudah banyak produk sepatu palsu di toko-toko terutama di internet. Perkembangan zaman melakukan transaksi belanja online makin gampang. Jaringan internet yang semakin kencang, membuat orang menjadikan marketplace sebagai pilihan.

Produk original adalah jenis produk yang merupakan barang resmi dari pihak pembuatnya. Barang ini murni diproduksi, diseleksi, dan distandarisasi oleh sang produsen sendiri, sehingga kualitas barang benar-benar terjaga dan tidak mengecewakan para pembelinya.

Membeli produk original juga merupakan kebanggaan tersendiri, apalagi jika merek produk tersebut cukup terkenal. Produk premium atau OEM adalah prduk yang seringkali disamakan dengan KW, padahal ini jelas berbeda. OEM sendiri singkatan dari Original Equipment Manufacturer.

OEM merupakan produk yang memiliki kualitas sama dengan original. Perbedaannya adalah jika diproduksi oleh produsen lain yang juga memiliki nama besar. Sedangkan produk replika atau KW adalah sepatu yang memiliki kualitas yang baik, tapi soal bahan tak sama dengan yang asli. Sebutan KW sangat familiar di Indonesia, dan malah lebih laris daripada sepatu original dan premium.

Berikut cara membedakan sepatu original dan kw:

Cek ukuran

Cek ukuran sepatu yang palsu bisa dideteksi ketika, laman pembelian yang kamu pakai menyediakan lebih dari satu ukuran. Padahal, sepatu memiliki ukuran yang terbatas. Sepatu KW biasanya tidak punya standar ukuran yang lengkap. Bukan soal range size nya, tapi standar ukuran sepatu di beberapa negara. Sebagai contoh adalah sepatu Nike dan Adidas. Sepatu Nike biasanya menggunakan standar size US, sementara Adidas, mengikuti standar size UK. Nah, kalau sepatu KW, biasanya cuma menyediakan satu jenis ukuran saja yaitu standar Euro yang biasa disingkat EUR.

Kotaknya rusak

Biasanya kotak yang menampung sepatu palsu akan rusak atau robek. Bahkan karton yang melapisi kardus tersebut juga sama, terlihat rusak atau robek. Bukan cuma itu, untuk mengetahui sepatu palsu atau tidak melalui kotak, dapat menggunakan cara seperti melihat label yang ada pada kotak.

Penelitian ini bisa dimulai pada kotak seperti merek Nike Air Yeezy 2 ‘Solar Red’. Ukuran yang asli adalah 10.5, sementara ukuran yang palsu adalah 10. Selain itu, pembeli bisa mengamati model kotak.

Model kotak yang palsu akan diberi jarak lebih jauh dari yang asli, kemudian di kotak yang asli ada terlampir harga eceran yang disarankan. Sedangkan kotak yang palsu, tidak ada lampiran tersebut. Amati juga dalam kotaknya, biasanya terdapat nomot produk atau ejaan kata yang salah, hingga penempatan label yang keliru.

Negara asal sepatu diproduksi

Di Indonesia sebagian penjual biasa memberikan keterangan original made ini apa dan dari negara mana. Pada dasarnya patokan sebuah sepatu itu original atau bukan, tidak bisa kita lihat dari asal negeri pembuatannya. Bahkan pembuatan sepatu yang original dan replika bisa berasal dari negara yang sama, tapi pasti beda bahan, pabrik, dan quality control-nya.

Contohnya untuk sepatu Nike dan Adidas yang diproduksi di berbagai negara di seluruh dunia, seperti Indonesia, China, Vietnam, Kambodja, dll. Tetapi beda produksi negara juga beda kualitas.

Kualitas jahitan sepatu

Kamu bisa memperhatikan kualitas jahitan secara detail. Jika jahitan sepatu Replika biasa ditemukan cacat dan bahkan keluar. Sedangkan untuk kualitas pembuatan sepatu original sudah pasti berbeda dengan yang replika. Salah satu kualitas pembuatan yang bisa kita lihat pada bagian jahitan, karena jahitan pada sepatu original lebih rapi dan lebih rapat dibandingkan dengan sepatu replika.

Bentuk sepatu

Karena diproduksi oleh produsen brand yang asli, bentuk sepatu original tentu simetris. Selain itu hasil garapannya pun rapi. Bagaimana pun, kulalitas adalah hal yang membedakan antara sepatu KW dan asli. Kalau kalian amati, sepatu KW biasanya agak berantakan di beberapa bagian. Dan terkadang, bentuknya pun tidak rapi.

Perhatikan sol sepatu

satu-satunya sol berwarna bersih bisa menjadi pertanda baik. Jika sepatu itu datang dengan serta karbon, pastikan itu adalah desain dan tekstur yang tepat. Biasanya sol sepatu original terbuat dari busa yang bagus dan di bagian tempat kaki berpijak akan terbuat dari kain yang bahannya sangat halus. Insole dari sepatu original akan dibuat dengan sangat detail.

Itu dia cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan bahwa sepatu yang akan kamu beli adalah original. Semoga membantu kamu semua ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Pemesanan