6 Cara Merawat Sepatu Suede agar tidak Mudah Luntur

Cara Merawat Sepatu Suede

Cara Merawat Sepatu Suede – Bahan suede termasuk salah satu material yang cukup sulit untuk merawatnya. Kalo kamu mau tampilan sepatu tetap kinclong seperti baru mau ga mau kamu harus tahu bagaimana cara merawat sepatu suede dengan benar.

Berbeda dengan sepatu sneakers biasanya, khusus sepatu yang menggunakan bahan suede memiliki tekstur yang lebih lembut dan rapuh. Tampilannya terlihat mirip seperti kain beludru padahal aslinya terbuat dari kulit sapi, domba, rusa atau kambing yang melewati proses sedemikian rupa.

Meski terlihat keren ketika dikenakan, sangat di sayangkan permukaan suede yang berbulu membuatnya menjadi rentan terhadap noda dan debu. Air menjadi musuh utama yang harus dihindari ketika ingin sepatu tetap bersih dari noda. Sekarang pertanyaannya bagaimana cara merawat sepatu suede? Kali ini Pabriksepatutangerang.com akan memberikan informasi bagaimana cara merawatnya, jadi jangan sampai dilewatkan ya!

Cara Merawat Sepatu Suede

1. Hindari Sepatu Terkena Air

Sebenarnya bukan tidak boleh terkena air ya, tetapi air tidak mengubah warna dan tekstur suede. Ketika misalnya turun hujan lebih baik tidak mengenakan sepatu suede guna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagiknya kamu gunakan sepatu pria lainnya.

Tapi jika sudah terlanjur menggunakan sepatu suede dan turun hujan lebih baik angin-anginkan sampai kering. Atau kamu juga bisa menggunakan hairdryer dengan suhu yang sedang. Jangan sekali-kali kamu membasahi atau mengelap sepatu suede menggunakan air. Tapi kalo memang harus membersihkan sepatu menggunakan air, lakukan pengelapan secara perlahan dengan ikut menyikat semua permukaan sepatu sehingga warnanya sama rata. Memang sedikit tricky, tapi bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Semua itu dilakukan untuk memiliki warna sepatu yang rata dan natural.

2. Gunakan Sikat Halus

Suede adalah kulit hewan di bagian bawah yang teksturenya lembut dan berambut. Supaya bisa terlihat kinclong dan rapi, alangkah baiknya jika menyikat permukaan suede secara berkala. Kamu bisa menggunakan sikat halus atau sikat gigi biasa.

Ketika suede tidak sengaja kotor karena noda, kamu bisa menggunakan sikat bulu halus untuk menghilangkan noda. Sikat secara perlahan dengan gerakan maju-mundur hingga kotoran hilang.

3. Gunakan Tepung dan Bedak

Berikut adalah life hack yang bisa kamu coba. Jika sepatu suede kesayangan kamu terkena noda minyak atau kuah makanan, taburkan tepung atau bedak untuk area yang kotor. Diamkan selama semalam hingga tepung benar-benar menyerap dan mengangkat noda dengan sendirinya ke permukaan kulit. Kamu bisa menyikat sisa tepung dengan sikat halus, dan sepatu akan kembali bersih seperti sedia kala.

4. Manfaatkan Penghapus, Handuk atau Cuka

Selain menggunakan cairan khusus untuk menghilangkan noda. Kamu bisa memanfaatkan penghapus untuk menghilangkan noda yang nempel di permukaan bahan suede. Selain penghapus, kamu juga bisa menyiapkan lap yang bersih dan beri sedikit cuka sebelum mengoleskannya pada bagian yang kotor.

5. Spray Pelindung

Sebelum kotor karena terkena oleh noda, kamu bisa melakukan pencegahan terlebih dahulu dengan cara menyemprotkan spray khusus. Spray ini banyak sekali dijual di tempat repaprasi sepatu. Bahan kimia yang ada dalam spray bisa melindungi permukaan suede dari kotoran dan air.

6. Simpan di Tempat Kering

Sama seperti Cara Merawat Sepatu Kulit pada umumnya, sepatu suede juga tidak boleh disimpan di tempat yang lembap. Karena hal ini akan membuat sepatu kamu jamuran dan rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Pemesanan