5 Perbedaan Sepatu Kets dan Sneakers yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan Sepatu Kets dan Sneakers

Perbedaan Sepatu Kets dan Sneakers – Kamu pasti sudah sering mendengar orang menyebut bahwa sepatu kasual dengan sol karet disebut sneakers, tapi kamu juga mungkin pernah dengar ada yang menyebutnya sepatu kets. Padahal kedua sepatu ini sebenarnya berbeda.

Perbedaan Sepatu Kets dan Sneakers

Lalu dari mana sebenarnya penyebutan sneakers dan sepatu kets hingga ada dua penyebutan? Yuk kita ulas semuanya disini!

1. Awal penggunaan kata sepatu kets berasal dari merek sepatu

Sebenarnya sepatu kets ini berasal dari merek sepatu yang bernama Keds. Merek sepatu ini pertama kali didirikan pada tahun 1916 di Amerika. Keds ini menawarkan sepatu kasual dengan bahan sol karet dan upper kanvas.

Sepatu ini biasa digunakan untuk bersantai dan menimbulkan suara yang lebih senyap ketika digunakan untuk berjalan. Berbeda dengan sepatu formal atau dress shoes yang menggunakan bahan sol kulit yang menimbulkan suara yang cukup keras ketika digunakan untuk berjalan.

Karena senyap, sepatu dengan sol karet ini lalu disebut sneakers atau menyelinap.

Orang Indonesia sendiri sudah terbiasa menyebut barang dari mereknya. Sehingga sepatu bersol karet yang seharusnya disebut sneakers malah disebut sepatu kets.

2. Bahan pembuatan sneakers lebih luas

Karena sepatu kets menuju pada merek Keds, bahan pembuatan sepatu kets merujuk pada sepatu awal Keds yang menggunakan bahan sol karet dan upper kanvas. Sedangkan sneakers memiliki bahan pembuatan yang lebih luas. Sol karet dibuat lebih canggih dengan dukungan berbagai macam teknologi untuk mengurangi bobot dan menambah kenyamanan terutama pada sneakers running.

Sedangkan untuk bahan uppernya semakin bervariasi. Tak hanya kanvas, namun bahan-bahan lain seperti primeknit, genuine leather, mesh, hingga synthetic leather juga digunakan sebagai bahan upper pada sneakers. Sehingga bahan pembuat sneakers lebih luas dari sepatu kets.

3. Sepatu kets identik dengan perempuan

Sebutan untuk sepatu kets ini pun biasanya identik dengan sneakers yang digunakan khusus untuk perempuan. Benar saja, karena merek sepatu Keds ini memang fokus pada koleksi sepatu untuk perempuan.

Jika kamu mengunjungi website resmi Keds, pada bagian kategori hanya ditulis untuk Woman, Unisex, dan Kids. Di mana tidak ada sepatu yang dibuat khusus untuk pria. Selain itu sepatu Keds juga sering mempromosikan koleksi sepatunya dengan mengajak publik figur perempuan seperti Taylor Swift. Lana Del Rey, hingga Emma Roberts, sehingga semakin memperkuat branding dari sepatu Keds ditujukan untuk perempuan.

4. Sneakers banyak mereknya

Jika sepatu kets sebenarnya spesifik dengan sepatu bermerek Keds, sneakers justru lebih luas mereknya. Mulai dari merek Keds itu sendiri yang juga termasuk sneakers, juga ada merek terkenal lainnya seperti Adidas, Nike, Reebok, Converse, hingga New Balance. Dan ada juga merek-merek lokal seperti Ventela, Compass, hingga Geoff Max.

5. Kegunaan sneakers juga lebih luas

Jika sepatu kets biasanya hanya digunakan untuk kebutuhan kasual karena cenderung menggunakan bahan sol karet dan upper kancas, sneakers memiliki kegunaan yang lebih luas. Sneakers bisa dibagi menjadi beberapa lagi, seperti sneakers running, sneakers basket, hingga sneakers tennis.

Sneakers yang banyak digunakan untuk olahraga ini juga masih cocok digunakan untuk gaya kasual dengan perpaduan pakaian kasual dan sepatu olahraga yang dikenal dengan gaya athleisure. Sehingga sneakers ini memiliki fungsi dan kegunaan lebih luas daripada sepatu kets.

Itu dia beberapa perbedaan dari sepatu kets dan sneakers yang bisa membuat kamu menjadi lebih paham tentang perbedaannya dan ga akan salah lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Pemesanan