Teknik Mencuci Sepatu Manual yang Gak Asal Sikal Saja

Teknik Mencuci Sepatu Manual

Teknik Mencuci Sepatu Manual – Mencuci sepatu memang tidak semudah mencuci baju, tapi bukan berarti tidak bisa membersihkannya sendiri ya. Dibandingkan dengan baju, material sepatu jauh lebih sensitif sehingga pencucian sepatu perlu teliti dan hati-hati. Sebenarnya, kamu bisa memanfaatkan jasa cuci sepatu untuk membersihkannya. Tapi sayangnya, harga untuk mencuci sepatu bisa dibilang cukup mahal ya. Supaya kamu bisa lebih hemat, lebih baik mencuci sepatu sendiri saja, bisa menggunakan mesin cuci atau manual dengan tangan.

Oleh karenanya pada kesempatan kali ini Pabrik Sepatu Tangerang akan memberikan step by step atau Teknik Mencuci Sepatu Manual sehingga bahan sepatu tidak akan rusak. Ingat setiap bahan sepatu memiliki cara berbeda untuk membersihkannya. Simak informasinya dibawah ini ya:

Teknik Mencuci Sepatu Manual untuk Berbagai Jenis Bahan Sepatu

1. Mencuci sepatu bahan kanvas

Sepatu yang menggunakan bahan kanvas tersedia dalam berbagai macam model, seperti sneakers, flat shoes, dan high heels. Supaya awet, cara cuci sepatunya jangan sembarangan ya. Jika sepatu kanvasmu kena lumpur, biarkan dulu sampai kering, lalu bersihkan. Untuk noda atau bekas kotoran lain, beriktu adalah langkah yang bisa kamu lakukan ketika mencucinya:

  • Lepaskan insole dan tali sepatu. Setelah semua bagian sudah dilepas, bersihkan dulu uppernya.
  • Cuci ssepatu dengan cara menyikat. Jika ada bagian bernoda, celupkan sikat halus ke dalam cairan pembersih. Pada sepatu kanvas, kamu bisa menyikat atau menggosok secara dua arah, tapi jangan digosok terlalu keras ya.
  • Jika sepatu kanvas sangat kotor, bersihkan dengan menggunakan sabun cuci detergen. Kalau noda sedikit, gunakan sabun cuci piring saja sudah cukup. Hindari sabnun cuci yang mengandung pemutih supaya warna tidak memudar.
  • Setelah selesai disikat, bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan handuk mikrofiber.
  • Cara terbaik untuk mengeringkan sepatu kanvas yaitu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari yang cukup. Pastikan kamu langsung menjemurnya dan jangan didiamkan dalam ruangan semalaman, karena bisa membuat sepatu jadi bau.

2. Cuci sepatu bahan kulit asli atau sintetis

Karena biasanya harga sepatu yang menggunakan bahan kulit itu mahal, kamu harus berhati-hati ketika mencucinya. Tapi jangan khawatir, Teknik mencuci sepatu manual ini bisa dijadikan sebagai panduan:

  • Lepaskan dulu tali sepatu supaya tidak terkena cairan pembersih.
  • Campurkan air dingin dan cuka putih untuk membersihkan noda yang ada di sepatu.
  • Gunakan kain bekas atau mikrofiber, kemudian  celupakan ke air cuka lalu bersihkan noda dengan mengelapnya.
  • Biarkan sepatu mengering dengan sendirinya. Cukup diangin-anginkan saja, tidak perlu dijemur.
  • Jika sepatu kulitmu lecet atau ada goresan, gunakan semir sesuai warna sepatu, lalu basahi kain dan celupkan ke seduhan baking soda.
  • Gosok pada bagian sepatu kulit yang lecet dengan hati-hati kemudian lap lagi menggunakan kain bersih yang kering.

3. Teknik mencuci sepatu manual bahan suede atau bludru

Sepatu yang menggunakan bahan suede memang lebih sulit dibersihkan karena daya serapnya yang tinggi. Jika terkena noda, sepatu harus cepat-cepat dicuci supaya tidak berbekas. Tidak perlu buru-buru cari cara cuci sepatu terdekat, lakukan dulu upaya berikut untuk membersihkannya:

  • Gunakan suede stain eraser untuk membersihkan dan menghapus noda kering seperti pasir atau bekas air. Gosokkan karet penghapus noda ke bagian yang bernoda hingga remah-remah sisa penghapus muncul.
  • Jika mau melakukan deep clean, semprot sepatu dengan air bersih lalu sikat menggunakan sikat gigi halus di bagian yang bernoda.
  • Usap titik noda dengan kain lap putih yang sudah dicelupkan dengan cuka atau rubbing alcohol. Jika ada noda minyak, taburkan bedak pada sepatu suede sebelum dibersihkan dengan cuka.
  • Setelah disikat dan nodanya hilang, oleskan cairan pembersih khusus yang biasanya terbuat dari minyak kelapa dan asam amino supaya tekstur suede tidak rusak. Angin-anginkan sepatu lalu semprot dengan pewangi khusus supaya lebih harum dan awet.

4. Cuci sepatu bahan plastik atau karet

Dibadingkan material lain, sepatu plastik adalah sepatu paling mudah untuk dibersihkan. Biasanya, bahan plastik yang digunakan pada sepatu santai dan juga flip flops. Jika ada noda kotoran yang menempel segera gosok dengan sikat halus kemudian rendam sepatu di air hangat yang sudah dicampur dengan baking soda. Diamkan selama 5 menit lalu sikat kembali menggunakan sikat gigi untuk membersihkan sisa kotorannya. Jika dirasa sudah cukup bersih, jemur sepatu di bawa sinar matahari.

Ketika kamu membersihkan sepatu yang bertali seperti sneakers atau running shoes, lepaskan terlebih dahulu tali dan insole-nya. Tujuannya adalah supaya cairan pembersih tidak merusak atau meninggalkan bekas noda di dua bagian tersebut. Kamu juga bisa membersihkan tiap-tiap bagian secara terpisah. Setelah dicuci, pastikan langsung dikeringkan di tempat supaya tidak bau. Jika perlu, setelahnya pun kamu harus menyemprotkan parfum khusus sepatu supaya lebih harum.

Itu dia Teknik Mencuci Sepatu Manual yang bisa kamu praktekkan jika ingin bahan sepatu tidak mudah rusak ketika dicuci. Semoga artikel di atas bisa membantu kamu ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Pemesanan