7 Tips Merawat Sepatu Kulit agar tidak Mengelupas

Tips Merawat Sepatu Kulit

Tips Merawat Sepatu Kulit – Sepatu kulit adalah salah satu sepatu favorit banyak orang, terutama untuk para pria. Perawatan sepatu kulit ini tidak mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sepatu kulit bisa tetap awet dan tidak mengelupas.

Sepatu kulit ini adalah jenis sepatu yang sangat esensial untuk dimiliki. Dengan menggunakan sepatu ini penampilanmu akan terlihat lebih keren. Sepatu yang menggunakan bahan kulit asli biasanya memiliki harga yang relatif mahal. Itulah kenapa mesti menggunakan perawatan yang intensif, agar tidak mudah rusak.

Ketahui Jenis Sepatu Kulit

Sebelum kamu tahu bagaimana cara perawatan sepatu kulit, alangkah baiknya untuk mengetahui dahulu jenis-jenis kulit yang digunakan. Beda jenis kulit, beda juga cara membersihkannya.

Bahan kulit yang digunakan untuk sepatu kulit biasanya memiliki variasi bahan kulit yang memiliki kelembapan, keelastisan dan ketahanan yang berbeda-beda. Biasanya sepatu kulit yang memiliki bahan kulit full grain biasanya memiliki keelastisan dan ketahanan yang lebih baik.

Full grain biasanya memiliki permukaan yang justru lebih kasar. Apabila dilengkapi dengan melakukan perawatan yang baik dan benar, sepatu bisa bertahan lebih lama. Selain itu, ada yang menggunakan bahan kulit top grain yang juga tahan lama, namun kualitasnya masih di bawah full grain.

Baca juga: 10 Brand Sepatu Kulit Cowok Lokal 

Tips Merawat Sepatu Kulit

1. Bersihkan dengan Lotion Khusus

Kamu bisa menambahkan lotion khusus untuk sepatu kulit supaya kualitas kulit tetap terjaga. Cara membersihkannya hanya perlu menepuk-nepuk spons yang sudah diberikan lotion khusus sepatu kulit pada sepatumu. Jangan pernah kamu membersihkan sepatu kulit yang kotor dengan lap basah, karena bisa membuat kulitnya pecah dan rusak.

2. Hindari Sepatu Kulit dari Tempat Lembab

Perhatikan suhu ruangan, jangan sampai terlalu lembab terutama di tempat kamu menyimpan sepatu kulit. Sebisa mungkin kamu hindari sepatu kulit dari air. Jika basah, segera keringkan bahan kulit menggunakan kertas dan mengangin-anginkannya.

Jangan pernah menjemur sepatu kulit langsung di bawah terik matahari, karena bisa membuat sepatu retak dan kulitnya kering. Sebaliknya jika disimpan di tempat yang lembab, membuat sepatu berjamur dan lapuk sehingga tampilannya terlihat tidak bagus lagi.

3. Gunakan Gel Silica

Jika perlu, kamu bisa menambahkan gel silica di tempat penyimpanan sepatu. Gel silica ini akan menyerap kelembapan dari udara yang ada di sekita tempat penyimpanan. Selain itu, karena udara menjadi terjaga, kamu tidak perlu lagi khawatir jika sepatu akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

4. Rajin Menyemir Sepatu Kulit

Semir bisa membuat tampilan atau warna sepatu terlihat lebih cemerlang, pakailah semir sepatu yang sudah terpercaya dan tidak merusak warnanya. Carilah semir sepatu dengan warna yang paling mirip dengan sepatumu. Ketika melakukan penyemiran, lakukan satu arah agar warna yang dihasilkan terlihat lebih alami.

5. Simpan yang Rapi

Jangan asal ketika menyimpan sepatu, usahakan selalu tertata rapi. Berikan jarak aman dengan sepatu lainnya. Ketika sepatu kulit bergesekan dengan sepatu lainnya, hal ini akan menimbulkan noda baret yang permanen dan sulit untuk dihilangkan.

Gunakan pula pengganjal khusus untuk mempertahankan bentuknya. Bahan yang bisa digunakan untuk mengganjal adalah kayu aras karena baunya mampu menangkal serangan ngengat, menyerap kelembapan juga bau.

6. Keluarkan Sepatu Secara Berkala

Sepatu kulit itu membutuhkan perawatan yang detail. Kamu harus rajin mengeluarkan sepatu kulit dari kotaknya. Keluarkan sepatu minimal 2 minggu sekali. Bahan kulit juga membutuhkan suhu udara normal untuk menjaga permukaannya tetap kering dan tidak lembap.

7. Jangan Bungkus Sepatu Menggunakan Plastik

Plastik adalah musuh terbesar dari bahan kulit, karena plastik bisa menyerap warna hingga pudar. Plastik yang menempel pada kulit bisa membuat sepatu menjadi lembap dan tumbuh jamur. Jika memang ingin membungkus sepatu, bungkus sepatu menggunakan dust bag, karena tempat dirancang khusus untuk mempertahankan kualitas dan warna produk kulit.

Itu dia beberapa penjelasan bagaimana Tips Merawat Sepatu Kulit yang bisa diberikan pada artikel kali ini. Semoga kamu yang sedang mencari informasi cara merawat sepatu kulit bisa terbantu setelah membaca artikel yang ada diatas.

Tertarik memproduksi sepatu dengan desain kamu sendiri? Pabrik Sepatu Tangerang siap merealisasikan keinginan kamu. Hubungi kontak yang tersedia dan konsultasi gratis ke admin kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Pemesanan